Forum Diskusi Ekonomi Trisakti

Posted: Juni 29, 2010 in PENGKIL
Tag:

Dilatarbelakangi oleh kecenderungan organisasi mahasiswa membuat kegiatan pengkajian ilmiah dalam bentuk seminar dimana dalam seminar hanya terjadi komunikasi satu arah meski ada sesi tanya jawab tidak cukup memberikan waktu untuk mahasiswa menyampaikan pendapatnya, kami Badan Pengurus Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Ekonomi menawarkan terobosan dalam membuat kegiatan pengkajian ilmiah yaitu berupa diskusi yang melibatkan peserta agar mampu menyampaikan pendapat dihadapan forum dan dicoba untuk merumuskan kesimpulan serta rekomendasi atas isu yang diangkat. Kami sebagai panitia menganggap mahasiswa sebagai insan akademis yang kritis dan memiliki daya analitis harus juga diberikan tempat dalam sebuah forum yang sifatnya formal untuk membuka kesempatan yang seluas-luasnya dalam berpendapat. Kegiatan ini dilakukan semata-mata agar proses alih pengetahuan (transfer knowledge) dilakukan secara optimal. Agar diskusi ini menarik maka panitia memilih isu yang sekarang sedang berlangsung di masyarakat yaitu tentang Permasalahan Listrik Nasional dan Solusi Terhadap Ketersediaan Pasokan Listrik Untuk Industri dan Rumah Tangga.

Maka kajian akademis ini dilakukan sebagai upaya melatih mahasiswa agar memiliki kepercayaan diri dan kemampuan menyampaikan pendapat sekaligus mendapatkan pandangan konprehensif tentang permasalahan listrik nasional dan solusi terhadap penyedian pasokan listrik bagi industri dan rumah tangga.

Pada kegiatan diskusi yang pertama kalinya ini,  kami panitia bersyukur acara bisa berlangsung dengan lancar, rencana kegiatan hampir seluruhnya dapat dilaksanakan. Forum diskusi yang diisi oleh pembica dari Dirjen LPE Kemen ESDM memang memberikan pengetahuan yang sebelumnya tidak diketahui, seperti kondisi ketenagalistrikan nasional, masalah listrik secara umum, minimnya investasi di sektor listrik dan hubungan antara Dirjen Listrik dan Pemanfaatan Energi sebagai pembuat kebijakan dengan Perusahaan Listrik Negara sebagai pelaksana kebijakan listrik. Materi yang dibawakan sangat menarik namun cara penyampaian dari narasumber ke mahasiswa kurang begitu menarik. Pada pokok permasalahan ketenagalitrikan pemerintah memposisikan diri sebagai pembuat kebijakan, dimana pemerintah telah membuat perencanaan mengenai ketenagalistrikan dari 2011 hingga 2025. Mendorong sektor swasta untuk ikut berinvestasi memajukan kelistrikan nasional sangat diharapkan, sehingga dapat mengurangi beban pemerintah yang harus ditanggung dalam APBN. Peserta sangat atraktif dalam melihat permasalan ini dilihat dari banyaknya mahasiswa yang bertanya, namun peserta belum memanfaatkan forum untuk menyampaikan ide atau gagasanya. Dapat juga panitia sampaikan bahwa materi yang disampaikan kurang begitu manjawab masalah besar yang ingin panitia dengar, yaitu permasalahan dari sisi produksi, distribusi/ pemasaran, harga dan subsidi. Maka kedepannya perlu dipertimbangkan untuk mengundang banyak pihak untuk membahas persoalan ekonomi agar lebih komprehensif.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s